PANDALUNGAN : Jurnal Penelitian Pendidikan, Bimbingan, Konseling dan Mulitkultural
Vol. 3 No. 1 (2025): Terbitan ke-5

Motivasi Belajar Siswa Disabilitas Intelektual Sedang Kelas II SDLB di SLB Negeri Branjangan Jember

Sari, Hanan Meisa (Unknown)
Sukmawati, Bhennita (Unknown)
Kismawiyati, Renalatama (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan motivasi belajar siswa disabilitas intelektual sedang kelas II SDLB di SLB Negeri Branjangan Jember. Lokasi yang digunakan sebagai tempat penelitian adalah SLB Negeri Branjangan Jember, di jalan Branjangan 1, Semenggu, Bintoro, Patrang dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Analisis data menggunakan 3 tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memiliki motivasi minat dan keinginan dalam belajar, siswa semangat dalam kegiata belajar sehari hari dan mendengarkan penjelasan guru dengan baik ketika guru menjelaskan materi pembelajaran, siswa berusaha mengerjakan tugas yang telah di berikan dengan baik meskipun ada jawaban yang tidak sesuai dan dalam mengerjakan tugas membutuhkan waktu lama, ketika belajar siswa tidak pernah menyerah dan putus asa. Sedangkan faktor faktor yang mempengaruhi belajar siswa disabilitas intelektual sedang kelas II SDLB di SLB Negeri Branjangan Jember adalah peran orang tua yang mendukung aktivitas belajar sehingga siswa termotivasi untuk giat belajar dan teman teman di sekolah yang membawa pengaruh kepada subjek penelitian, menjadikan subjek lebih semangat dalam kegiatan belajar sehari hari di sekolah

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pandalungan

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Penelitian Pendidikan, Penerapan Bimbingan dan Konseling di dunia pendidikan; Kesehatan Mental; Penilaian atau Pengawasan dalam Konseling; dan Konseling ...