Journal of Education Action Research
Vol 9 No 1 (2025): February

Penggunaan Media Game untuk Meningkatkan Penguasaan Vocabulary Siswa Elementary Level 1 Sekolah Kepariwisataan

Ni Made Milati (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya motivasi dan antusiasme siswa dalam pembelajaran Bahasa Inggris, yang disebabkan oleh metode pembelajaran yang monoton. Selain itu, kecanggihan teknologi seharusnya dimanfaatkan untuk meningkatkan motivasi belajar anak, khususnya dalam penguasaan kosa kata Bahasa Inggris. Tujuan dari artikel ini adalah untuk menganalisis bagaimana pengaruh penggunaan media game terhadap motivasi dan antusiasme peserta didik pada level Elementary 1 di salah satu Perguruan Tinggi Perhotelan dan Kapal Pesiar. Berdasarkan uraian tersebut peneliti tertarik untuk melakukan penelitian menggunaaan media game terhadap penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa di pada level dasar. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian yaitu seluruh peserta Elementary level 1 sebanyak 26 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara mendalam, dan angket. Observasi dilakukan selama 4 siklus Praktik Pembelajaran Lapangan di salah satu Perguruan Tinggi Perhotelan dan Kapal Pesiar. Angket disebarkan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan antusias peserta dalam belajar atau tidak. Hasil pengamatan menunjukkan adanya perbedaan yang cukup signifikan dalam motivasi dan antusiasme siswa terhadap penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan media game. Simpulan yang diperoleh yaitu terdapat peningkatan antusiasme peserta didik dalam pembelajaran bahasa Inggris. Implikasi pada penelitian ini terdapat peningkatan motivasi dan antusiasme peserta didik terlihat sangat antusias serta motivasi selama proses pembelajaran meningkat dengan memanfaatkan game dalam pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JEAR

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Educational Action Research is concerned with exploring the dialogue between research and practice in educational settings. This journal publishes accounts of a range of action research and related studies, in education and across the professions, with the aim of making their outcomes ...