Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar
Vol 10 No 1 (2025): Maret

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SELF DIRECTED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SD INPRES 3/77 BAJOE 1 KECAMATAN TANETE RIATTANG TIMUR KABUPATEN BONE

Mujahidah, Mujahidah (Unknown)
Janna, Miftakul (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran SDL terhadap hasil belajar IPAS Siswa Kelas V SD Inpres 3/77 Bajoe 1. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pre-treatment post-treatment Design. Variabel dalam penelitian ini adalah model pembelajaran SDL dan hasil belajar IPAS. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Inpres 3/77 Bajoe 1 yang terdiri dari 27 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes untuk mengetahui hasil belajar IPAS siswa sebelum dan setelah menggunakan model pembelajaran SDL. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran SDL terhadap hasil belajar IPAS siswa, berdasarkan dari hasil perbandingan thitung dengan ttabel yaitu 16.253> 2,056. Sedangkan untuk nilai signifikansi sebesar 0,001, lebih kecil dari taraf signifikansi (0,001 < 0,05) yang berarti H1 diterima dan H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran SDL berpengaruh terhadap hasil belajar IPAS siswa di kelas V SD Inpres 3/77 Bajoe 1 Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

alashr

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Al-Ashr Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan dua kali dalam satu tahun pada periode Maret dan September. Jurnal Al-Ashr ini memuat dan menyebarluaskan berbagai hasil penelitian, kajian ilmiah Dosen, Guru, Praktisi, Pengawas, Mahasiswa dalam lingkup bahasan ...