Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya disiplin siswa sebagai fondasi lingkungan belajar yang efektif di SDN Sekarputih 02, di mana observasi awal menunjukkan adanya variasi tingkat kedisiplinan. Tujuan penelitian kualitatif dengan desain studi kasus ini adalah untuk mengeksplorasi faktor-faktor yang memengaruhi disiplin siswa dari perspektif siswa, guru, dan orang tua, serta dinamika di lingkungan sekolah. Metode pengumpulan data meliputi wawancara mendalam dengan siswa, guru, dan orang tua, observasi langsung di kelas dan lingkungan sekolah, serta analisis dokumentasi terkait kebijakan disiplin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat disiplin dipengaruhi oleh keberagaman siswa, tantangan konsistensi guru, pemahaman siswa terhadap aturan, pengaruh teman sebaya, serta peran dan pemahaman orang tua. Pembahasan menekankan perlunya komunikasi efektif, konsistensi aturan, kolaborasi sekolah-orang tua, pendekatan personal, dan pemanfaatan data pelanggaran untuk mengembangkan strategi peningkatan disiplin yang komprehensif dan berkelanjutan di SDN Sekarputih 02.
Copyrights © 2025