Penelitian ini mengkaji kesiapan guru dalam memfasilitasi pembelajaran matematika yang bermakna bagi siswa kelas IV di SDN Ngoran 01. Mengadopsi pendekatan kualitatif, Penelitian ini menerapkan metode pengumpulan data kualitatif melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil analisis data mengungkapkan bahwa tingkat kesiapan guru dalam merancang dan mengimplementasikan pembelajaran yang bermakna masih menunjukkan kebutuhan akan perbaikan, terutama dalam konteks penerapan metode pembelajaran yang interaktif dan berorientasi pada konteks pengalaman keseharian siswa. Implikasi lebih lanjut dari penelitian ini menggarisbawahi signifikansi pengembangan profesional guru melalui program pelatihan yang terstruktur dan dukungan institusional yang komprehensif dari pihak sekolah dalam rangka optimalisasi kompetensi pedagogis guru. Oleh karena itu, penelitian ini diharapkan berkontribusi dalam memberikan rekomendasi yang relevan bagi formulasi strategi pembelajaran yang lebih efektif, dengan tujuan akhir memfasilitasi pencapaian pemahaman materi matematika yang lebih mendalam dan aplikatif bagi peserta didik
Copyrights © 2025