Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif teams games tournament (TGT) berbantuan question card untuk meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas IV UPT SPF SDN Bawakaranaeng III. Penelitian ini dilakukan selama dua siklus, dengan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian adalah 19 siswa kelas IV UPT SPF SDN Bawakaranaeng III. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I yang tuntas secara individual dari 19 siswa hanya 6 siswa atau 32% yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) atau berada pada kategori rendah. Sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan dimana dari 19 siswa terdapat 17 siswa atau 90% telah memenuhi KKM. Dengan demikian dapat disimpulkan Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) berbantuan question card dapat meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas IV UPT SPF SDN Bawakaraeng III.
Copyrights © 2025