Kemampuan gerak dasar dalam lompat jauh gaya jongkok merupakan aspek penting dalam pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah dasar. Namun, banyak siswa mengalami kesulitan dalam menguasai teknik dasar lompat jauh, seperti awalan, tumpuan (tolakan), fase melayang, dan pendaratan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan gerak dasar lompat jauh gaya jongkok melalui penerapan permainan lompat box pada siswa kelas V SD Negeri 8 Kota Barat, Kota Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan gerak dasar lompat jauh gaya jongkok melalui permainan lompat box pada siswa kelas V SD Negeri 8 Kota Barat, Kota Gorontalo. Dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK), penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan siswa, yang mencakup teknik awalan, tumpuan (tolakan), fase melayang, dan pendaratan. Rata-rata nilai siswa meningkat dari 49,84 (kategori “Kurang”) pada observasi awal, menjadi 66,99 (kategori "Cukup") pada siklus I, dan mencapai 80,29 (kategori "Baik") pada siklus II. Temuan ini menunjukkan bahwa permainan lompat box efektif dalam meningkatkan keterampilan lompat jauh gaya jongkok siswa.
Copyrights © 2024