Perkembangan teknologi digital telah membawa perubahan signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam dunia pendidikan. Digitalisasi pembelajaran menjadi sebuah inovasi yang harus direspons secara adaptif oleh para pendidik, terutama guru sebagai ujung tombak proses pembelajaran. Kegiatan ini sebagai upaya dalam penguatan pembelajaran berbasis digitalisasi bagi guru dalam rangka meningkatkan inovasi pembelajaran di era transformasi digital. Inovasi pembelajaran tidak hanya menyentuh aspek media dan teknologi, tetapi juga mencakup pendekatan, strategi, dan model pembelajaran yang mampu menjawab kebutuhan belajar peserta didik abad ke-21.Metode kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui beberapa tahap diantaranya identifikasi kebutuhan, perencanaan materi, pelaksanaan pelatihan, evaluasi dan tindak lanjut. Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang terlaksana menunjukkan bahwa penguatan kompetensi digital guru secara berkelanjutan berdampak positif terhadap kreativitas dan fleksibilitas dalam merancang kegiatan belajar yang interaktif, kolaboratif, dan berpusat pada siswa. Selain itu, penguatan ini juga mendukung terciptanya lingkungan belajar yang inklusif dan adaptif terhadap berbagai tantangan, seperti pembelajaran jarak jauh, blended learning, dan penggunaan media digitalisasi dalam pembelajaran. Artikel ini merekomendasikan perlunya pelatihan yang terstruktur, dukungan kebijakan, serta kolaborasi antar pemangku kepentingan pendidikan untuk mendorong transformasi digital yang efektif. Dengan demikian, guru tidak hanya menjadi pengguna teknologi, tetapi juga agen perubahan dalam mewujudkan pendidikan yang inovatif dan relevan dengan perkembangan zaman. Penguatan pembelajaran berbasis digitalisasi menjadi strategi dalam meningkatkan kualitas pendidikan secara menyeluruh serta menjawab tantangan globalisasi dan revolusi industri 4.0 yang menuntut literasi digital dan kemampuan berpikir kritis, kreatif, kolaboratif, serta komunikatif.
Copyrights © 2025