cover
Contact Name
Efan
Contact Email
efan@itpa.ac.id
Phone
+6285758038720
Journal Mail Official
admin@aisc.my.id
Editorial Address
Al Ihsan Publisher Jl. Serma Somad Komplek Puri Besemah Indah Kota Pagar Alam Sumatera Selatan Kode Pos 31517
Location
Kota pagar alam,
Sumatera selatan
INDONESIA
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
ISSN : -     EISSN : 30467756     DOI : -
Jurnal Pengabdian kepada masyarakat adalah jurnal yang mencakup kajian pengembangan dan penerapan IPTEKS. Jurnal ini ditujukan untuk mempublikasikan hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat, yang mencakup konsep, model dan implementasinya sebagai upaya peningkatan partisipasi masyarakat dalam pembangunan.
Articles 27 Documents
Pelatihan Cara Cepat Mahir Menggunakan Rumus Excel untuk Guru-guru SDIT Lantabur Efan
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1 No 01 (2024): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Alihsanpublisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Di usianya yang ke 15 tahun, SDIT Lan Tabur perlu meningkatkan kualitas sumber daya manusia dengan menambah keterampilan dalam penggunaan komputer, khususnya kemampuan guru-guru dalam menggunakan Excel. Untuk mencapai itu, SDIT Lantabur mengadakan pelatihan cara cepat mahir menggunakan rumus Excel. Pelatihan ini diikuti oleh 24 guru di SDIT Lantabur. Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru-guru SDIT Lantabur dalam menggunakan rumus Excel. Kegiatan ini terdiri dari tiga sesi, yaitu sesi teori, sesi praktek dan evaluasi. Pada sesi teori dan praktek, peserta telah mengikuti pelatihan dengan penuh antusias. Dari 24 peserta yang mengikuti praktek, 10 orang mendapatkan nilai di rentang 86-100; 11 orang mendapatkan nilai dalam rentang 76-85 dan 3 orang mendapatkan nilai dalam rentang 61-75. Hasil ini menunjukkan bahwa rata-rata peserta mampu menyelesaiakan soal praktek dengan baik. Hasil evaluasi pelatihan juga menunjukkan bahwa peserta sangat puas dengan pelatihan ini. Peserta memberikan nilai rata-rata 4,5 dari skala 5 untuk pelatihan ini. Peserta menyatakan bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat bagi mereka. Peserta merasa bahwa mereka telah memiliki pemahaman yang lebih baik tentang rumus-rumus Excel. Selain itu, beberapa saran diberikan oleh para peserta untuk perbaikan pelatihan di masa yang akan datang.
Merancang Program Pemberdayaan Masyarakat dalam Pengembangan Wisata yang Inklusif dan Partisipatif Siti Zubaidah
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1 No 01 (2024): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Alihsanpublisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Latar Belakang: Pengembangan Wisata yang Inklusif dan Partisipatif dalam Program Pemberdayaan Masyarakat di  Plaju. Permasalahan kurangnya keterlibatan masyarakat lokal, pihak swasta serta pihak pemerintah, menjadi penyebab ketidakberlanjutannya usaha pariwisata, kerusakan lingkungan atau kelelahan wisata. Perlu perencanaan yang matang untuk menjaga keseimbangan antara pembangunan wisata dan pelestarian lingkungan, sehingga tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberikan pendidikan dan pelatihan terhadap rancangan pengembangan wisata dalam meningkatkan kapasitas masyarakat. Metodelogi: Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan memberikan pendidikan dan pelatihan terkait perancangan Program Pemberdayaan Masyarakat dalam Pengembangan Wisata yang Inklusif dan Partisipatif. Alasan pemilihan metode ini adalah untuk memberikan pemahaman pada masyarakat lokal, pihak swasta dan pemerintah setempat pentingnya keberlanjutan usaha pariwisata guna pelestarian lingkungan. Hasil: Merancang program pemberdayaan masyarakat dalam pembangunan wisata yang inklusif dan partisipatif sangat penting untuk menjamin pembangunan pariwisata yang berkelanjutan dan berkeadilan. Hal ini memerlukan pendekatan holistik yang melibatkan masyarakat di seluruh tahapan program dan menjawab kebutuhan serta aspirasi seluruh anggota masyarakat. Dengan memberdayakan masyarakat, kita dapat menciptakan industri pariwisata yang tidak hanya memberikan manfaat bagi wisatawan, tetapi juga masyarakat lokal, pihak swasta, dan pelestarian lingkungan
Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Canva Para Guru Sd Islam Az-Zahrah Palembang Fakhri Lambardo
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1 No 01 (2024): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Alihsanpublisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pelatihan media pembelajaran berbasis Canva untuk guru SD Islam Az-Zahrah Palembang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam menciptakan materi pembelajaran yang menarik dan interaktif menggunakan platform Canva. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang komprehensif tentang fitur-fitur Canva dan penerapannya dalam konteks pendidikan. Penggunaan canva sebagai media pembelajaran memiliki kelebihan yaitu: Canva memiliki tampilan yang sederhana, dan mudah di gunakan. Memiliki banyak template yang bisa di edit. Tidak perlu menginstall aplikasi ke laptop cukup menggunakan link canva.com pada web browserPenggunaan canva sebagai media pembelajaran memiliki kelebihan yaitu: Canva memiliki tampilan yang sederhana, dan mudah di gunakan. Memiliki banyak template yang bisa di edit. Tidak perlu menginstall aplikasi ke laptop cukup menggunakan link canva.com pada web browser. Metode pelatihan meliputi pemaparan teori, demonstrasi praktis, dan sesi latihan interaktif. Evaluasi dilakukan melalui penilaian sebelum dan setelah pelatihan untuk mengukur peningkatan keterampilan dan pengetahuan guru. Hasilnya diharapkan memberikan kontribusi positif terhadap efektivitas pengajaran dan pembelajaran di SD Islam Az-Zahrah Palembang.
Pelatihan Sitasi Menggunakan Mendeley Dalam Penulisan Karya Ilmiah Mariana Purba; Yadi
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1 No 01 (2024): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Alihsanpublisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pelatihan sitasi menggunakan Mendeley dalam penulisan karya ilmiah merupakan upaya untuk meningkatkan keterampilan akademik mahasiswa dalam menyusun referensi dan sitasi yang tepat dalam penulisan karya ilmiah. Mendeley, sebagai perangkat lunak manajemen referensi, memungkinkan pengguna untuk mengelola dan menyimpan referensi, serta menghasilkan daftar pustaka dan sitasi dengan mudah. Penulisan Karya Tulis Ilmiah merupakan kewajiban yang dilakukan oleh para dosen maupun mahasiswa dalam kegiatan akademik. Hal ini tentu mempermudah untuk mentransformasikan dan mengembangkan ilmu pengetahuan. Berkaitan dengan hal tersebut, penggunaan kutipan dalam karya tulis ilmiah juga diperlukan guna menunjang fakta, konsep, gagasan, ide, atau penyampaian informasi mengenai sumber data dan berbagai hal yang relevan. Dengan demikian, keberadaan kutipan dapat menjadikan tulisan lebih valid secara akademik. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang fitur-fitur Mendeley dan teknik penggunaannya dalam konteks penulisan karya ilmiah. Metode pelatihan meliputi pemaparan teori, demonstrasi praktis, dan sesi latihan interaktif. Evaluasi dilakukan melalui penilaian sebelum dan setelah pelatihan untuk mengukur peningkatan keterampilan dan pengetahuan peserta. Hasilnya diharapkan memberikan kontribusi positif terhadap kualitas sitasi dan referensi dalam karya ilmiah mahasiswa serta memperkuat kemampuan akademik mereka secara keseluruhan.
Peningkatan Digitalisasi Pembelajaran SD melalui Komunitas Belajar Yadi; Shola Arsyad
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1 No 01 (2024): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Alihsanpublisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Digitalisasi dalam pembelajaran membawa dampak yang sangat baik bagi para peserta didik hal ini menjadi salah satu motivasi agar peserta didik memiliki minat untuk belajar menjadi semakin baik, pengetahuan pendidik harus terus di tingkatkan terlebih pada penguasaan teknologi. Berbagai macam media interaktif dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran, akan tetapi kondisi saat ini masih banyak pendidik yang belum seutuhnya memanfaatkan media interaktif sebagai strategi pendekatan dalam proses pembelajaran. Kegiatan pengabdian kepadamasyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan digitalisasi pembelajaran di tingkat SD melalui pendekatan kolaboratif melalui komunitas belajar, dalam kegiatan ini pendekatan kolaboratif sangat bermanfaat bagi guru dalam meningkatkan digitalisasi proses pembelajaran di kelas. Metode pelaksanaan kegiatan mencakup workshop, pelatihan dan pembentukan kelompok diskusi serta evaluasi yang dilakukan untuk mengukur peningkatan penggunaan teknologi dalam pembelajaran dan partisipasi aktif dalam komunitas belajar. Hasil dari kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas pembelajaran di tingkat SD melalui penerapan teknologi dan kolaborasi antar berbagai pihak terkait melalui komunitas belajar.
Pembelajaran dan Asesmen Pada Satuan Pendidikan Anak Usia DIni Disti Liana
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1 No 02 (2024): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Alihsanpublisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembelajaran dan asesmen memegang peranan penting dalam mendukung perkembangan anak usia dini (AUD) di satuan Pendidikan, dalam konteks pendidikan anak usia dini, penting untuk memahami bahwa setiap anak memiliki keunikan dan tempo perkembangan yang berbeda. Oleh karena itu, strategi pembelajaran yang diterapkan harus fleksibel dan responsif terhadap kebutuhan individu anak. Melalui asesmen awal guru dapat mewujudkan pembelajaran terdiferensiasi. Tujuan kegiatan Loka Karya Pembelajaran dan Asesmen Pada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini tersebut peserta diharapankan memahami urgensitas asesmen awal dan pembelajaran terdiferensiasi, mampu merancang dan mengimplementasikan asesmen awal pembelajaran serta dapat merancang pembelajaran terdiferensiasi sesuai dengan hasil asesmen awal, selain itu, bagi kepala sekolah dan pengawas diharapkan memahami bentuk pendampingan kepada guru dalam menyusun dan melaksanakan asesmen awal dan pembelajaran terdiferensiasi. Adapun metode yang digunakan kegiatan tersebut antara lain pra pelaksanaan fasilitator dan peserta mempersiapkan media pembelajaran yang akan digunakan, pelaksanaan dimulai dengan doa bersama, sesi dimulai dari diri, eksplorasi konsep, kolaborasi, demontrasi kontekstual, elaborasi pemahaman, aksi nyata. Hasil dari Loka Karya tersebut peserta memahami materi pembelajaran dan asesmen dan dengan baik, hal ini terlihat dari antusiasme peserta dalam berdiskusi interaktif, hasil kerja kelompok yang dipaparkan serta pembuatan aksi nyata  yang akan peserta laksanakan di satuan Pendidikan masing-masing.
Pelatihan Pemrograman Dasar untuk Siswa Sekolah Menengah sebagai Bekal Memasuki Dunia IT Mariana Purba; Pipin Octavia; Rudiansyah; Bakhtiar K; Kemas Welly Anggra Permana
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1 No 02 (2024): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Alihsanpublisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pelatihan Pemrograman Dasar untuk Siswa Sekolah Menengah sebagai Bekal Memasuki Dunia IT bertujuan untuk memperkenalkan dan mengembangkan keterampilan dasar pemrograman komputer bagi siswa sekolah menengah. Di era digital yang terus berkembang, pemrograman menjadi keterampilan yang sangat penting dan dibutuhkan di berbagai sektor. Pelatihan ini dirancang untuk memberikan pemahaman dasar mengenai konsep pemrograman, logika komputasi, serta aplikasi praktis menggunakan bahasa pemrograman yang mudah dipahami seperti Python atau Scratch. Melalui pendekatan pembelajaran aktif, berbasis proyek, dan bertahap, siswa akan diajak untuk belajar dengan cara yang menyenangkan dan interaktif, serta dapat mengembangkan keterampilan untuk menyelesaikan masalah secara sistematis. Selain itu, pelatihan ini juga bertujuan untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan analitis yang sangat dibutuhkan di dunia teknologi. Dengan pelatihan ini, diharapkan siswa dapat memiliki dasar yang kuat dalam pemrograman dan siap memasuki dunia IT, baik untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi ataupun memulai karir di industri teknologi.
Pengenalan Teknologi Cloud Computing untuk Meningkatkan Kapasitas Infrastruktur TI (Studi Kasus : SMK Sjakhyakirti) Dwi Fitri Brianna; Azhar Andika Putra; Cahyo Pambudi Darmo; Paisal
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1 No 02 (2024): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Alihsanpublisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Teknologi Cloud Computing telah menjadi solusi efektif untuk meningkatkan kapasitas dan efisiensi infrastruktur Teknologi Informasi (TI) di berbagai sektor, termasuk pendidikan. Namun, banyak sekolah yang belum sepenuhnya memanfaatkan teknologi ini karena terbatasnya pengetahuan dan sumber daya yang tersedia. Penelitian ini bertujuan untuk mengenalkan dan memberikan pelatihan kepada pihak sekolah mengenai penerapan teknologi cloud computing untuk meningkatkan kapasitas infrastruktur TI mereka. Dalam pengabdian ini, dilakukan pelatihan tentang konsep dasar cloud computing, manfaat penggunaannya, serta cara mengimplementasikannya dalam sistem administrasi dan pembelajaran di sekolah. Penggunaan cloud computing dapat membantu sekolah mengoptimalkan penyimpanan data, mempermudah akses aplikasi berbasis web, serta mengurangi biaya pengadaan dan pemeliharaan perangkat keras. Dengan menerapkan cloud computing, diharapkan sekolah dapat meningkatkan efisiensi operasional, mendukung pembelajaran digital, dan mempercepat pengelolaan data akademik secara lebih efektif. Hasil yang diharapkan dari pengabdian ini adalah peningkatan pemahaman dan keterampilan teknologi cloud computing bagi guru dan staf sekolah, serta penerapan solusi TI yang lebih modern dan fleksibel di lingkungan Pendidikan.
Pelatihan Desain Produk Menggunakan Canva Bersama Fakultas Ilmu Administrasi, Mahasiswa Universitas Sjakhyakirti, Siswa Sma Dan Smk Sjakhyakirti Lemi Iryani; Nia Umilizah; Putri Maharani; Andika
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1 No 02 (2024): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Alihsanpublisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Era digital saat ini menuntut kemampuan komunikasi visual yang efektif, terutama untuk mendukung berbagai aktivitas seperti promosi, edukasi, dan personal branding. Namun, keterbatasan pengetahuan dan akses terhadap alat desain sering kali menjadi hambatan bagi individu maupun komunitas dalam menghasilkan konten visual berkualitas. Pelatihan desain menggunakan Canva ini dirancang untuk membekali peserta dengan keterampilan dasar desain grafis secara praktis dan efisien. Pelatihan ini mengajarkan peserta cara memanfaatkan fitur-fitur Canva, seperti penggunaan template, pengaturan elemen visual, tipografi, dan warna, untuk menciptakan desain yang menarik dan profesional. Materi yang disampaikan mencakup pengenalan prinsip dasar desain, praktik membuat berbagai jenis konten visual (poster, media sosial, presentasi, dll.), serta tips untuk menyesuaikan desain dengan kebutuhan spesifik.Melalui metode pembelajaran interaktif dan praktik langsung, pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas peserta, memperluas wawasan mereka tentang komunikasi visual, dan memberikan solusi sederhana untuk menciptakan desain berkualitas tinggi tanpa memerlukan keahlian teknis yang mendalam. Hasil dari pelatihan ini diharapkan dapat mendukung individu, komunitas, atau pelaku usaha dalam menyampaikan pesan mereka dengan lebih efektif melalui media visual
Pelatihan Pemrograman Dasar untuk Siswa Sekolah Menengah sebagai Bekal Memasuki Dunia IT Purba, Mariana; Octavia, Pipin; Rudiansyah; K, Bakhtiar; Angga Permana, Kemas Welly
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1 No 02 (2024): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Alihsanpublisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pelatihan Pemrograman Dasar untuk Siswa Sekolah Menengah sebagai Bekal Memasuki Dunia IT bertujuan untuk memperkenalkan dan mengembangkan keterampilan dasar pemrograman komputer bagi siswa sekolah menengah. Di era digital yang terus berkembang, pemrograman menjadi keterampilan yang sangat penting dan dibutuhkan di berbagai sektor. Pelatihan ini dirancang untuk memberikan pemahaman dasar mengenai konsep pemrograman, logika komputasi, serta aplikasi praktis menggunakan bahasa pemrograman yang mudah dipahami seperti Python atau Scratch. Melalui pendekatan pembelajaran aktif, berbasis proyek, dan bertahap, siswa akan diajak untuk belajar dengan cara yang menyenangkan dan interaktif, serta dapat mengembangkan keterampilan untuk menyelesaikan masalah secara sistematis. Selain itu, pelatihan ini juga bertujuan untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan analitis yang sangat dibutuhkan di dunia teknologi. Dengan pelatihan ini, diharapkan siswa dapat memiliki dasar yang kuat dalam pemrograman dan siap memasuki dunia IT, baik untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi ataupun memulai karir di industri teknologi.

Page 1 of 3 | Total Record : 27