Jurnal Educatio FKIP UNMA
Vol. 11 No. 1 (2025)

Self Acceptance Orang Tua dengan Anak Berkebutuhan Khusus di Kristha Pertiwi

Pramesthi, Benedicta Felicia (Unknown)
Listyaningrum, Eunike Milasari (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi proses penerimaan diri orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus dan bagaimana perjalanan ini mempengaruhi kepercayaan diri mereka dalam menyekolahkan anak di Sekolah Inklusi Kristha Pertiwi, yang terletak di Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang. Kristha Pertiwi menyediakan layanan dan fasilitas pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus. Orang tua yang menjadi subjek penelitian memiliki anak dengan berbagai diagnosis, yang berpengaruh signifikan terhadap proses penerimaan diri mereka. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menganalisis wawancara mendalam dengan orang tua anak berkebutuhan khusus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesadaran diri orang tua, dukungan dari keluarga dan komunitas, serta keterlibatan dalam komunitas orang tua di sekolah berperan penting dalam membentuk proses penerimaan diri mereka. Selain itu, penelitian ini berkontribusi dalam bidang pendidikan inklusif dengan menyoroti pentingnya dukungan sosial dalam membangun ketahanan dan penerimaan diri orang tua. Temuan ini memberikan wawasan bagi lembaga pendidikan dan komunitas dalam meningkatkan dukungan bagi orang tua dalam menghadapi dan menerima kondisi anak mereka.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

educatio

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Education curriculum, instruction, learning, policy, preparation of teachers, Learning Media, Development Subject of Education, and Management of ...