Kurikulum Merdeka berfokus pada pembentukan karakter peserta didik berdasarkan nilai-nilai Pancasila, salah satunya melalui proyek P5. Dalam konteks ini, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi dongeng edukasi Palestina sebagai bagian dari proyek P5 guna membangun karakter empati dan toleransi peserta didik di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif pre-eksperimental. Subjek penelitian terdiri dari 30 peserta didik di SDN Kenongo 2 Tulangan. Data dikumpulkan melalui dua tahap, yaitu pretest sebelum diberi perlakuan/intervensi pembelajaran berbasis dongeng dan posttest setelah intervensi dilakukan kemudian dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif dan uji t berpasangan untuk membandingkan nilai rata-rata sebelum dan sesudah intervensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan dongeng edukasi Palestina secara efektif meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap nilai-nilai kemanusiaan, keadilan, dan perdamaian. Peserta didik menunjukkan peningkatan dalam karakter empati dan toleransi yang terlihat dari kemampuan mereka dalam memahami kondisi anak-anak di Palestina serta sikap menghargai perbedaan dalam lingkungan sekitar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa integrasi isu global dalam pembelajaran melalui media dongeng dapat menjadi strategi yang efektif untuk membentuk karakter peserta didik sesuai dengan enam dimensi utama Profil Pelajar Pancasila.
Copyrights © 2025