Journal of Innovation and Teacher Professionalism
Vol. 3 No. 3 (2025)

Persepsi Guru SDN Madyopuro 02 Kota Malang terhadap Pendekatan TaRL dalam Kurikulum Merdeka

Wahyudi, Tasya Oktaviana (Unknown)
Ahdhianto, Erif (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Mar 2025

Abstract

Kurikulum Merdeka dirancang untuk meningkatkan kurikulum sebelumnya sekaligus menanggapi tantangan pendidikan akibat pandemi COVID-19. Kurikulum ini bertujuan membebaskan siswa dari tekanan serta memungkinkan mereka mengeksplorasi dan mengembangkan potensi secara optimal. Setiap anak memiliki karakter alami dan pengaruh zaman yang membuat mereka unik, sehingga Kurikulum Merdeka hadir untuk mendukung pembelajaran yang lebih mandiri. Salah satu pendekatan yang relevan adalah Teaching at the Right Level (TaRL). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi guru terhadap pendekatan TaRL dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki persepsi positif dan pemahaman yang baik terhadap pendekatan ini. Namun, implementasi TaRL di kelas masih terbatas karena berbagai tantangan, termasuk kurangnya pelatihan dan keterbatasan sumber daya. Dapat disimpulkan bahwa pendekatan TaRL dapat diterapkan dalam pembelajaran karena memberikan pengaruh positif dan memungkinkan fokus yang lebih baik terhadap kebutuhan siswa. Oleh karena itu, pelatihan serta dukungan yang lebih luas bagi guru perlu ditingkatkan agar pendekatan ini dapat diterapkan secara optimal di berbagai jenjang pendidikan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ppg

Publisher

Subject

Arts Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

JITPro is fundamentally concerned with the improvement of teacher education, curriculum, policy, and in-service training. Besides these, the journal also accepts researches related to the problems of teacher educators and researchers in the field of educational ...