Madani: Multidisciplinary Scientific Journal
Vol 3, No 1 (2025): February

Analisis Respons Kepala Sekolah Terhadap Efektivitas Pembelajaran di SMPIT Darul Fikri Makassar

Aima, Nur (Unknown)
Ulfa, Aina Mardhiyah (Unknown)
R, Rosdiana (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jan 2025

Abstract

Efektivitas pembelajaran merupakan tujuan utama dalam proses pendidikan yang memerlukan peran strategis kepala sekolah, utamanya di sekolah berbasis Islam terpadu seperti SMPIT Darul Fikri Makassar. Kepala sekolah diharapkan mampu merespons berbagai tantangan dalam pembelajaran dengan pendekatan inovatif dan kolaboratif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis respons kepala sekolah terhadap efektivitas pembelajaran melalui pengembangan kurikulum, optimalisasi sumber daya, penerapan metode pembelajaran inovatif berbasis teknologi (TPACK), supervisi pembelajaran, serta peningkatan kompetensi guru melalui Sekolah Guru dan Professional Learning Community (PLC). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah di SMPIT Darul Fikri Makassar telah menerapkan berbagai strategi, seperti membangun lingkungan belajar yang positif, mendukung siswa melalui program beasiswa, mengadakan kegiatan ekstrakurikuler, serta meningkatkan komunikasi dengan orang tua melalui platform digital seperti @Plasma. Model kepemimpinan yang diterapkan meliputi kepemimpinan transformasional, kolaboratif, dan distribusi, yang secara efektif menginspirasi, melibatkan, dan membagi tanggung jawab dengan tim. Penelitian ini memberikan saran bagi kepala sekolah untuk memperbaiki pengembangan kurikulum, pengelolaan sumber daya, serta pemantauan pembelajaran. Hasil penelitian ini juga diharapkan menjadi panduan bagi sekolah lain dalam menerapkan kepemimpinan yang baik untuk meningkatkan pembelajaran dan kerja sama dengan pihak terkait.

Copyrights © 2025