AN-NIDA: Jurnal Pendidikan Islam
Vol. 11 No. 3 (2023): Juni

Implementasi dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesantunan Berbahasa Indonesia dalam Pendidikan Agama Islam

Hoerudin, Cecep Wahyu (Unknown)
Saeful Anwar (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membahas implementasi kesantunan berbahasa Indonesia serta faktor pendukung dan penghambatnya dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode penelitian deskriptif. Sumber data yang digunakan meliputi dokumen, rekaman, arsip, hasil wawancara, observasi langsung, observasi partisipan dan perangkat fisik seperti video dan gambar. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah (1) dokumentasi; (2) observasi; dan (3) wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah: (1) reduksi data; (penyajian data); dan (3) penarikan kesimpulan. Implementasi kesantunan berbahasa Indonesia dalam Pendidikan Agama Islam terdiri dari empat tahapan yang dilakukan yaitu, perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi. Faktor penghambat dalam implementasi kesantunan berbahasa Indonesia dalam Pendidikan Agama Islam karena adanya pelanggaran maksim atau indikator kesantunan, karena hal ini sering terjadi pada saat proses pembelajaran berlangsung. Sedangkan faktor pendukungnya adalah, adanya sumber daya manusia yang mumpuni, yaitu guru-guru pengajar memiliki pengalaman mengajar yang cukup lama sehingga mampu menyampaikan pemahaman kepada peserta didik tentang pentingnya berbahasa Indonesia yang santun dalam kehidupan sehari-hari, khususnya di lingkungan sekolah. Tersedianya bahan ajar dan media pembelajaran yang memadai. Antusiasme peserta didik untuk mengikuti mata pelajaran PAI karena memiliki keterkaitan dengan materi agama yang telah mereka pelajari di rumah atau pondok. Motivasi dari orang tua, teman dan saudara untuk selalu berbahasa Indonesia santun dimanapun berada, sehingga akan membantu keberhasilan program penerapan kesantunan berbahasa Indonesia dalam Pendidikan Agama Islam.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

NIDA

Publisher

Subject

Religion Humanities Education

Description

AN-NIDA: Jurnal Pendidikan Islam (E-ISSN 2963-9255, P-ISSN 2476-9177) Journal An Nida focus on the issues that are related in Islamic Education; including Research Methodology, Education Science, Islamic Education Science, Educational Psychology, Learning Psychology, Educational Philosophy, Islamic ...