Jurnal Pendidikan Bahasa Bali Undiksha
Vol. 11 No. 2 (2024)

Peningkatan Penguasaan Unggah-Ungguh Basa Melalui Metode Niteni, Niroke, Nambahi Berbantu Media Kartu

Yusuf Nur Kholiq (Unknown)
Mariya Rini Sri Budi Utami (Unknown)
Nur Fateah (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Mar 2025

Abstract

Penguasaan unggah-ungguh basa peserta didik kelas X Animasi 4 SMK Negeri 11 Semarang masih tergolong rendah dan perlu ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui peningkatan penguasaan unggah-ungguh basa melalui metode niteni, niroke, nambahi berbantu media kartu; 2) meningkatkan penguasaan unggah-ungguh basa melalui metode niteni, niroke, nambahi berbantu media kartu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek peserta didik kelas X Animasi 4 SMK Negeri 11 Semarang sebanyak 36. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan menggunakan teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan metode niteni, niroke, nambahi berbantu media kartu pada kelas X Animasi 4 dapat meningkatkan hasil belajar dan kualitas pembelajaran. Sebelum intervensi, nilai rata-rata kelas sebesar 62,5 kemudian meningkat pada siklus I menjadi 72,5 dan pada siklus II meningkat menjadi 85. Jumlah peserta didik yang tuntas pada pembelajaran unggah-ungguh basa juga mengalami peningkatan. Sebelum intervensi sebanyak 9 peserta didik tuntas, kemudian pada siklus II sebanyak 20 peserta didik tuntas, dan pada siklus II sebanyak 30 peserta didik tuntas. Temuan penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi untuk meningkatkan penguasaan unggah-ungguh basa melalui metode niteni, niroke, nambahi, berbantu media kartu

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JJPBB

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Balinese Language ...