Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN)
Vol. 13 No. 1 (2025)

PENGARUH MATA KULIAH PRAKTIK KEWIRAUSAHAAN, MOTIVASI BERWIRAUSAHA, DAN EKSPEKTASI PENDAPATAN TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMIKA DAN BISNIS UNESA

Tiana (Unknown)
Tri Sudarwanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Apr 2025

Abstract

Tingkat pengangguran di Indonesia terus mengalami kenaikan, lulusan perguruan tinggi menjadi salah satu penyumbang terbesar dalam angka pengangguran. Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Unesa berdasarkan hasil tracer study menyatakan mahasiswa yang memilih berwirausaha masih rendah. Hal ini menandakan mahasiswa cenderung mencari pekerjaan dari pada menciptakan lapangan kerja, padahal sudah dibekali secara pengetahuan maupun praktik untuk berwirausaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mata kuliah praktik kewirausahaan, motivasi berwirausaha, dan ekspektasi pendapatan terhadap intensi berwirausaha pada mahasiswa Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Unesa. Penelitian ini menggunakan Theory of Planned Behavior yang menjelaskan bahwa niat dipengaruhi oleh tiga aspek yaitu sikap, norma, dan perilaku yang relevan dengan penelitian ini. Metodologi penelitian menggunakan pendekatan kausal kuantitatif dan korelasional, populasi penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis angkatan 2021 dan 2022, dan kriterianya ditentukan oleh peneliti. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling dengan menggunakan rumus Slovin dan diperoleh hasil dari 222 mahasiswa. Dengan menggunakan teknologi analisis data SPSS versi 25, hasil penelitian menunjukkan bahwa mata kuliah praktik kewirausahaan, motivasi berwirausaha, dan ekspektasi pendapatan mempunyai pengaruh secara parsial dan simultan terhadap niat berwirausaha mahasiswa Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Unesa angkatan 2021 dan 2022.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptn

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Jurnal ini mempublikasikan hasil penelitian dan pemikiran di bidang pembelajaran pendidikan bisnis/tata niaga serta di bidang ilmu bisnis dan perniagaan yang dilakukan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), lembaga pendidikan tinggi, serta dunia usaha dan dunia industri yang meliputi: Pembelajaran ...