ELIPS: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 6 No 1 (2025): ELIPS, Maret 2025

PENGARUH PERSEPSI ATAS MEDIA PEMBELAJARAN DAN RASA PERCAYA DIRI TERHADAP PENGUASAAN KONSEP GEOMETRI

Suheni, Eni (Unknown)
Sari, Rika Mulyati Mustika (Unknown)
Zulkarnaen, Rafiq (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2025

Abstract

Pemahaman konsep geometri merupakan salah satu aspek penting dalam pembelajaran matematika, namun masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam menguasainya. Persepsi terhadap media pembelajaran dan rasa percaya diri diduga berpengaruh terhadap penguasaan konsep geometri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) pengaruh persepsi atas media pembelajaran dan rasa percaya diri secara simultan terhadap penguasaan konsep geometri, (2) pengaruh persepsi atas media pembelajaran terhadap penguasaan konsep geometri, serta (3) pengaruh rasa percaya diri terhadap penguasaan konsep geometri. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan regresi linear berganda. Sampel terdiri dari 84 siswa SMA Negeri 1 Kedungwaringin, Kabupaten Bekasi, yang dipilih dengan teknik proportional random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik persepsi terhadap media pembelajaran maupun rasa percaya diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap penguasaan konsep geometri. Selain itu, persepsi terhadap media pembelajaran memiliki pengaruh lebih besar dibandingkan rasa percaya diri dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep geometri. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan media pembelajaran yang efektif serta peningkatan rasa percaya diri siswa dapat meningkatkan pemahaman konsep geometri. Temuan ini dapat menjadi acuan bagi pendidik dalam merancang strategi pembelajaran yang lebih interaktif dan mendorong kepercayaan diri siswa dalam belajar matematika.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ELIPS

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Elips: Jurnal Pendidikan Matematika menerbitkan hasil penelitian yang original, dan atau naskah kajian teoritis dalam bidang matematika dan pendidikan matematika, tentang masalah terkini, yang dilakukan oleh: (1) Pengajar di tingkat Sekolah Dasar dan Menengah, serta Perguruan Tinggi, (2) Pengamat ...