Jurnal Praktik Baik Pembelajaran Sekolah dan Pesantren
Vol. 4 No. 01 (2025): Jurnal Praktik Baik Pembelajaran Sekolah dan Pesantren

Penggunaan Aplikasi Randerforest Berbasis Etnomatematika pada Materi Bangun Datar Kelas VI : Studi Kasusi di SD Islam Cokroaminoto 1 Kalabahi, Nusa Tenggara Timur

Riskawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Mar 2025

Abstract

Pembelajaran berbasis etnomatematika dengan mengaitkan kearifan budaya lokal, seperti rumah adat, kain tenun, moko, dan gong Alor, membantu peserta didik memahami konsep matematika secara kontekstual dan mengenal keberagaman budaya melalui multimedia. Penelitian ini bertujuan menguji kelayakan produk video pembelajaran matematika pada materi bangun datar serta mengetahui respon peserta didik Kelas VI SD Islam Cokroaminoto 1 Kalabahi. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction). Data dikumpulkan melalui observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia berbasis Renderforest dan etnomatematika layak digunakan dalam pembelajaran, meningkatkan pemahaman dan keterlibatan peserta didik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

PBPSP

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Praktik Baik Pembelajaran Sekolah dan Pesantren is a journal that disseminates the results of applying theories, and concepts in building knowledge, skills, and attitudes in schools and boarding schools. This application can be in various forms and perspectives such as school action research, ...