Pesatnya perluasan platform e-learning telah mengubah lanskap pendidikan, memberikan kesempatan belajar yang fleksibel bagi beragam populasi. Namun, aksesibilitas masih menjadi tantangan besar, terutama bagi pelajar dengan kebutuhan dan latar belakang yang berbeda-beda. Studi ini mengeksplorasi pengembangan dan implementasi platform e-learning adaptif yang bertujuan untuk meningkatkan aksesibilitas bagi beragam demografi pelajar. Dengan memanfaatkan kecerdasan buatan dan personalisasi berbasis data, platform ini secara dinamis menyesuaikan penyampaian konten agar selaras dengan preferensi individu pelajar, kemampuan kognitif, dan tingkat akses teknologi. Temuan awal menunjukkan potensi platform adaptif untuk mengurangi hambatan pembelajaran dan mendorong inklusivitas di berbagai kelompok pengguna. Penelitian ini menggarisbawahi pentingnya mengadopsi teknologi adaptif dalam e-learning untuk memastikan kesetaraan pendidikan di dunia yang terhubung secara digital.
Copyrights © 2025