Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
Vol. 14 No. 1 (2025): Maret 2025

Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan Linear Satu Variabel Ditinjau Dari Metakognitif

Rido Eli Gulo (Universitas Nias)
Yakin Niat Telaumbanua (Universitas Nias)
Ratna Natalia Mendrofa (Universitas Nias)
Netti Kariani Mendrofa (Universitas Nias)



Article Info

Publish Date
24 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi numerasi siswa dalam menyelesaikan soal cerita persamaan linear satu variabel (PLSV) ditinjau dari aspek metakognitif. Literasi numerasi merupakan keterampilan penting dalam memahami dan menerapkan konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari, sedangkan metakognitif berperan dalam pengelolaan strategi berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan melibatkan siswa kelas VIII-A di SMP Negeri 5 Mandrehe sebagai subjek penelitian. Data dikumpulkan melalui angket metakognitif dan tes kemampuan literasi numerasi, yang kemudian dianalisis menggunakan model interaktif Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan tingkat metakognitif tinggi memiliki kemampuan literasi numerasi yang tinggi pula. Siswa dengan tingkat metakognitif sedang memiliki kemampuan literasi numerasi yang sedang. Siswa dengan metakognitif rendah memiliki kemmpun literasi numerasi yang rendah. Temuan ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kemampuan literasi numerasi dan tingkat metakognitif siswa dalam menyelesaikan soal cerita Persamaan Linear Satu Varibel (PLSV). Oleh karena itu, pembelajaran matematika perlu dirancang/didesain untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi dan metakognitif siswa melalui pendekatan yang lebih interaktif dan reflektif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

emasains

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education Environmental Science Mathematics

Description

Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains is a mathematics and science education journal which published and managed by the FKIP Education University PGRI Mahadewa Indonesia. This journal is published twice a year, namely March and September. Contains Indonesian-language writings derived from ...