Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
Vol. 14 No. 1 (2025): Maret 2025

Pengaruh Strategi Pembelajaran Know-Want-Learned Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa UPTD SMP Negeri 3 Gunungsitoli Selatan

Yarman Sia Harefa (Universitas Nias)
Amin Otoni Harefa (Universitas Nias)
Ratna Natalia Mendrofa (Universitas Nias)
Netti Kariani Mendrofa (Universitas Nias)



Article Info

Publish Date
24 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan hasil pendahuluan yang di lakukan di UPTD SMP Negeri 3 Gunungsitoli Selatan, ditemukan masalah apakah ada atau tidaknya pengaruh strategi pembelajaran Know Want Learned untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. Jenis dalam penelitian ini dikategogikan kedalam penelitian eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif, dengan variabel terikat meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa, dan variabel bebas adalah strategi pembelajaran Know Want Learned. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII UPTD SMP Negeri 3 Gunungsitoli Selatan, Sampel penelitian terdiri dua kelas dengan jumlah siswa 50 orang, dan instrumen penelitian yang digunakan berbentuk tes uraian kemampuan pemahaman konsep matematis. Hasil penelitian yang diperoleh Berdasarkan hasil pengujian hipotesis satu pihak, diperoleh thitung = 5,23 dan ttabel= 1,71. Karena thitung = 5,23 > ttabel = 1,71 maka tolak H0 di terima Ha yang berarti ada pengaruh strategi pembelajaran Know Want Learned untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

emasains

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education Environmental Science Mathematics

Description

Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains is a mathematics and science education journal which published and managed by the FKIP Education University PGRI Mahadewa Indonesia. This journal is published twice a year, namely March and September. Contains Indonesian-language writings derived from ...