Jurnal MediaTIK
Volume 8 Issue 1, Januari (2025)

Upaya Meningkatan Hasil Pembelajaran melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Mata Pelajaran Informatika

Kahir, Abdul (Unknown)
Faisal (Unknown)
Andi Muh. Sahirul Haq (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jan 2025

Abstract

Rendahnya keterlibatan dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Informatika, khususnya pada konsep-konsep abstrak seperti algoritma dan logika pemrograman, menjadi tantangan dalam proses pembelajaran di SMAN 1 Gowa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan keterlibatan siswa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus dengan instrumen observasi, angket, dan tes pre-post. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan siswa dalam diskusi meningkat dari 30% pada pra-siklus menjadi 85% pada siklus II. Persentase siswa yang mencapai nilai ≥75 juga meningkat dari 14% menjadi 68%. PBL mendorong peningkatan kemampuan berpikir kritis, kolaborasi, dan pemahaman materi secara signifikan. Dengan demikian, model PBL terbukti efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Informatika dan dapat dijadikan alternatif dalam mengatasi tantangan pembelajaran berbasis kompetensi di tingkat SMA.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

MediaTIK

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Social Sciences Other

Description

Jurnal MediaTIK is published by the Informatics and Computer Engineering Education Study Programme of Makassar State University in collaboration with Phinisi Skyline Indonesia. The Media TIK journal is published periodically three times a year, containing articles on research results and / or ...