Jurnal Riset Pendidikan Kimia (JRPK)
Vol. 15 No. 1 (2025): Jurnal Riset Pendidikan Kimia (JRPK), Volume 15 Nomor 1 (2025)

ANALISIS KEBUTUHAN BUKU PENGAYAAN KIMIA HIJAU BERBASIS CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING (CRT)

Pratiwi, Galuh (Unknown)
Wiyarsi, Antuni (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Apr 2025

Abstract

Abstrak Pembelajaran kimia di Indonesia saat ini menghadapi tantangan yang cukup kompleks, terutama dalam menyesuaikan kebutuhan belajar dengan latar belakang budaya siswa. Di sisi lain, pendidikan abad ke-21 mengharapkan siswa dapat menguasai sejumlah kompetensi kimia, salah satunya adalah literasi kimia yang memungkinkan siswa dengan budaya lokal yang berbeda dapat menciptakan pengalaman belajar yang lebih relevan dan membangun keberlanjutan isu-isu lingkungan yang global. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi persepsi guru kimia tentang kebutuhan dan karakteristik buku pengayaan kimia hijau berbasis CRT dengan integrasi SDGs yang baik dan sesuai dengan kebutuhan guru di lapangan.  Untuk memenuhi tujuan ini, dilakukan penelitian survey dengan pendekatan kualitatif. Sebanyak 6 guru kimia berpartisipasi dalam penelitian ini. Data dikumpulkan menggunakan open endeed-questionnaire yang berjumlah 16. Teknik analisis data yang digunakan adalah content analysis dengan metode interpretative coding. Hasil yang diperoleh yaitu guru menyatakan bahwa pengembangan buku pengayaan kimia berbasis culturally responsive teaching (CRT) perlu dilakukan untuk mendukung integrasi SDGs dan literasi kimia siswa SMA. Karakteristik buku pengayaan yang diharapkan oleh guru yaitu terdapat integrasi materi kimia hijau dengan yang lainnya, mendukung keberlanjutan, dan dapat membekali literasi kimia. Abstract Chemistry learning in Indonesia currently faces quite complex challenges, especially in adapting learning needs to students' cultural backgrounds. On the other hand, 21st century education expects students to master a number of chemical competencies, one of which is chemical literacy that allows students with different local cultures to create more relevant learning experiences and build sustainability on global environmental issues. This study aims to explore the perceptions of chemistry teachers about the needs and characteristics of CRT-based green chemistry enrichment books with SDGs integration that are good and in accordance with the needs of teachers in the field.  To fulfill this objective, a survey research was conducted with a qualitative approach. A total of 6 chemistry teachers participated in this study. Data were collected using an open-ended questionnaire totaling 16. The data analysis technique used was content analysis with interpretative coding method. The results obtained were that teachers stated that the development of culturally responsive teaching (CRT)-based chemistry enrichment books needs to be done to support the integration of SDGs and chemical literacy of high school students. The characteristics of enrichment books expected by teachers are the integration of other green chemistry materials, support sustainability, and can equip chemical literacy.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jrpk

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Jurnal Riset Pendidikan Kimia (JRPK) is the journal for teachers, researchers and other practitioners at all levels of chemistry education. It is published electronically two times a ...