Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dengan strategi berdiferensiasi terhadap hasil belajar menulis teks berita, ditinjau dari faktor gender peserta didik kelas VII di SMP Negeri 3 Bontang. Latar belakang penelitian ini adalah implementasi Kurikulum Merdeka yang mengedepankan strategi berdiferensiasi sebagai bentuk pembelajaran yang berpihak pada peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain eksperimen, di mana kelas eksperimen menggunakan model Problem Based Learning berbasis diferensiasi, sementara kelas kontrol menggunakan model Direct Learning. Pengujian data dilakukan menggunakan uji Kruskal-Wallis dan U-Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan dalam hasil belajar menulis teks berita berdasarkan gender, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (<0,05). Selain itu, terdapat perbedaan hasil belajar berdasarkan gaya belajar visual dan auditori dengan nilai signifikansi 0,002 (<0,05). Namun, tidak ditemukan perbedaan yang signifikan antara gaya belajar visual dan kinestetik (0,316 > 0,05) maupun antara gaya belajar auditori dan kinestetik (0,674 > 0,05). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa faktor gender serta gaya belajar tertentu berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik, meskipun tidak semua gaya belajar menunjukkan perbedaan yang signifikan
Copyrights © 2025