Berdasarkan observasi awal, permasalahan yang ditemukan yaitu data kunjungan pasien mengalami penurunan selama 3 bulan terakhir. Tujuan penelitian adalah mengetahui gambaran kualitas pelayanan pasien rawat jalan di Rumah Sakit Umum Madina Bukittinggi. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan jumlah sampel sebanyak 73 responden. Penelitian dilakukan tanggal 15 April sampai 30 Juni 2024. Teknik sampling yang digunakan accidental sampling, dengan analisis data univariat. Hasil penelitian ini, diperoleh kualitas kepuasan dari 73 responden aspek yang di mana availability menjawab tidak baik 37 orang dengan persentase 50,7% dan baik 36 orang dengan persentase 49,3%, aspek responsiveness menjawab tidak baik 40 orang (54,8%) dan baik 33 orang (45,2 %), aspek convenience menjawab tidak baik 33 orang (45,2%) dan baik 40 orang (54,8%), dan aspek timeliness menjawab tidak baik 38 orang (52,1%) dan baik 35 orang (47,9%). Hasil gambaran kualitas pelayanan pasien rawat jalan di Rumah Sakit Umum Madina Bukittinggi, lebih dari separuh pasien dengan aspek availability dikategorikan tidak baik, aspek responsiveness dikategorikan tidak baik, aspek convenience dikategorikan baik, dan aspek timeliness dikategorikan tidak baik.
Copyrights © 2025