Media pembelajaran dalam bidang pendidikan sangat penting karena keberadaannya saling berinterkasi dengan berbagai komponen lain untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengelolaan media pembelajaran pada pada SD YPPK ST. Petrus Ayawasi di Kabupaten Maybrat. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Hasil penelitian 1). Perencanaan media pembelajaran adalah sebagai suatu proses yang dimulai dari indentifikasi kebutuhan, penetapan prioritas, dan penetapan rencana program dan anggaran sebagai hasil perencanaan yang disebut rencana strategis sekolah baik yang berjangka waktu menengah dan tahunan; proses perencanaan media pembelajaran melibatkan guru-guru; pembiayaan media pembelajaran bersumber dari dana BOS; dan media pembelajaran yang direncanakan untuk diadakan adalah buku siswa, buku guru, buku pelajaran, dan buku referensi.  2). Pelaksanaan media pembelajaran dilakukan dalam bentuk kepala sekolah memberi dorongan kepada guru dalam menggunaan atau memanfaatkan media pembelajaran dalam kegiatan belajar-mengajar; penggunaan atau pemanfaatan media pembelajaran oleh guru dalam kegiatan belajar-mengajar di kelas; dan penyimpanan kembali media pembelajaran oleh guru. 3). Pengawasan media pembelajaran dilakukan kepala sekolah melalui pemantauan dan evaluasi; teknik pemantauan yang digunakan yakni mengecek dalam dokumen RPP guru tentang jenis media yang akan digunakan dalam kegiatan belajar mengajar di kelas; kepala sekolah mengecek di tempat penyimpanan media; dan kepala sekolah melakukan evaluasi dengan teknik non tes yakni mewawancarai kemanfaatan media dalam proses pembelajaran melalui guru. Kata Kunci : Pengelolaan Media Pembelajaran, SD YPPK St. Petrus Ayawasi Kabupaten Maybrat.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024