Pengabdian kepada masyarakat merupakan pelaksanaan pengamalan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni budaya langsung pada masyarakat secara kelembagaan melalui metodologi ilmiah sebagai penyebaran Tri Dharma Perguruan Tinggi serta tanggung jawab yang luhur dalam usaha mengembangkan kemampuan masyarakat, sehingga dapat mempercepat laju pertumbuhan tercapainya tujuan pembangunan nasional. Program Pengabdian Kemitraan Masyarakat (PKM) yang dilakukan berupa penerapan bidang pemasaran dengan materi branding dan digital marketing untuk menciptakan nilai pelanggan kepada para petani stroberi di Desa Sukaresmi, Kecamatan Rancabali Kabupaten Bandung. Saat ini para petani masih kesulitan untuk memberikan nilai tambah pada produknya. Penciptaan nilai (value creation) merupakan sebuah aktivitas pemasaran untuk memenuhi kebutuhan maupun keinginan konsumen. Dengan mengetahui apa keinginan konsumen khususnya terkait dengan produk olahan stroberi, maka para petani dapat memberikan nilai tambah yang sesuai dengan apa yang diharapkan oleh konsumen. Pemberian nilai tambah terhadap produk ini bukan hanya mengenai keragaman produk olahan namun juga terkait dengan atribut produk lain seperti merek (branding) produk dan strategi digital marketing yang saat ini sedang marak dilakukan.
Copyrights © 2025