Penelitian ini di latar belakangi karena adanya permasalahan peserta didik yang belum mengetahui perencanaan karir setelah tamat SMA. Tujuan dari penelitian untuk: perencanaan karir dilihat dari konsep pemahaman karir peserta didik di SMA PGRI 4 Padang, perencanaan karir dilihat dari konsep informasi karir peserta didik di SMA PGRI 4 Padang, perencanaan karir dilihat dari konsep sikap peserta didik di SMA PGRI 4 Padang, perencanaan karir dilihat dari konsep perencanaan dan pengambilan keputusan karir peserta didik di SMA PGRI 4 Padang, perencanaan karir dilihat dari konsep keterampilan karir peserta didik di SMA PGRI 4 Padang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskripsi kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah peserta didik di SMA PGRI 4 Padang yang berjumlah 68 peserta didik. Teknik pengambilan sampel ini dilakukan dengan teknik total. Data dikumpulkan melalui angket perencanaan karir yang diuji validitasnya yaitu 0,368 dan uji reliabilitas 0,943. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskripsi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya profil perencanaan karir peserta didik berada pada kategorti cukup tinggi. Penelitian ini bisa menjadi gambaran mengenai bagaimana pemilihan karir yang sesuai dengan keinginan peserta didik, berdasarkan hasil penelitian ini direkomendasikan kepada peserta didik yang akan lulus SMA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan karir pada peserta didik tergolong cukup tinggi dengan persentase 84%.
Copyrights © 2025