Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 8 No. 1 (2025): Volume 8 No. 1 Tahun 2025

PENGEMBANGAN TES KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM KOORDINASI DI SMA 1 TIBAWA

Tri Sukmo Fajar Thaib (Universitas Negeri Gorontalo)
Lilan Dama (Universitas Negeri Gorontalo)
Mustamin Ibrahim (Universitas Negeri Gorontalo)
Abubakar Sidik Katili (Universitas Negeri Gorontalo)
Djuna Lamondo (Universitas Negeri Gorontalo)
Muh Nur Akbar (Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
03 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan tes keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi sistem koordinasi Di SMA Negeri 1 Tibawa. Penelitian ini menggunakan metode Research & Developmen (R&D). Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE, tahapan atau prosedur pada penelitian meliputi lima tahap, yaitu analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Metode dan model ini dipilih karena bertujuan untuk menghasilkan produk berupa tes keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validitas tes keterampilan berpikir kreatif peserta didik ahli materi berada di angka 3.13 masuk diketgori valid, validitas ahli soal berada di angka 3,82 masuk dikategori sangat valid, dan validitas ahli tes berada di angka 3,38 masuk dikategori sangat valid. Nilai rata-rata hasil analisis tes keterampilan berpikir kreatif peserta didik berada diangka 3,83 masuk dikategori sangat valid. Dengan demikian, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan tes keterampilan berpikir kreatif menggunakan model ADDIE dapat meningkatkan validitas dan efektivitas pengukuran kemampuan kreativitas peserta didik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...