Kemampuan komunikasi matematis merupakan aspek penting dalam pembelajaran matematika, terutama pada jenjang sekolah dasar, karena berkaitan dengan kemampuan siswa untuk menyampaikan ide-ide matematika secara lisan, tertulis, maupun visual. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kemampuan komunikasi matematis siswa kelas V di SDN 8 Nagrikaler. Penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan memberikan lima butir soal tes terkait materi bangun datar kepada 24 siswa. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan aplikasi Anates untuk mengukur tingkat keefektifan soal serta mengetahui kesulitan yang dihadapi. Hasil penelitian menunjukkan instrumen tes memiliki reliabilitas sebesar 0,64; dengan tingkat kesukaran soal sedang, Validitas sebesar 0,47 dan daya pembeda yang tinggi pada butir soal nomor 1, 4, dan 5. Dari lima soal yang diberikan, tiga soal dapat diselesaikan dengan baik oleh sebagian besar siswa, sementara dua soal lainnya (soal nomor 2 dan 3) menjadi tantangan yang cukup sulit. Kesulitan ini disebabkan oleh kurang relevan nya beberapa butir soal terhadap kemampuan siswa. Untuk mengatasi hal tersebut dapat diterapkan beberapa strategi untuk meningkatkan efektivitas instrumen tes agar relevan dengan kemampuan siswa.
Copyrights © 2025