Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi desain kurikulum dengan konsep Understanding by Design atau UbD di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus untuk menggambarkan bagaimana implementasi UbD. Penelitian ini dilaksanakan di UPT SPF SDN Tamamaung 1 dengan subjek penelitian yaitu kepala sekolah, guru, dan peserta didik tahun ajaran 2024/2025. Teknik pengumpulan data dilakukan yaitu observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Penelitian ini dilaksanakan dalam kurun waktu 3 bulan, selama pelaksanaan kegiatan PPL Mahasiswa Program Profesi Guru Calon Guru di UPT SPF SDN Tamamaung 1. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, ditemukan bahwa penerapan desain kurikulum dengan pendekatan UbD di UPT SPF SDN Tamamaung 1 belum mencapai hasil yang optimal. Hal ini dipengaruhi oleh sejumlah tantangan yang dihadapi oleh guru, seperti kurangnya pemahaman yang mendalam tentang konsep Understanding by Design dan adanya keterbatasan waktu yang tersedia bagi para guru untuk mempersiapkan rencana pembelajaran dengan baik. Sebagai konsekuensinya, implementasi UbD tidak dapat berjalan sebagaimana yang diharapkan, sehingga memerlukan perhatian dan perbaikan lebih lanjut guna mengoptimalkan penerapannya di masa yang akan datang.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025