Journal of Classroom Action Research
Vol. 7 No. SpecialIssue (2025): Maret 2025

Pengaruh Model PBL dengan Permainan terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SDN 20 Cakranegara

Safutri, Leny Anugra (Unknown)
Erfan, Muhammad (Unknown)
Syazali, Muhammad (Unknown)
Angga, Prayogi Dwina (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning dengan permainan terhadap keterampilan membaca pemahaman pada mata pelajaran Bahasa Indonesia peserta didik kelas IV di SDN 20 Cakranegara. Metode yang digunakan adalah quasi experimental tipe pre-test post-test control group design. Subjek dalam penelitian ini melibatkan 51 peserta didik yang terdiri dari 20 peserta didik kelas eksperimen (kelas IV A) dan 23 peserta didik kelas kontrol (kelas IV B). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes berupa tes pilihan ganda pada kegiatan pre-test dan post-test, sedangkan teknik analisis datanya menggunakan teknik independent sample t-test yang harus dilakukan uji prasyarat terlebih dahulu berupa uji normalitas dan uji homogenitas sehingga pada tahap akhir dapat dilakukan uji effect size  jika diketahui adanya pengaruh model Problem Based Learning dengan permainan terhadap keterampilan membaca pemahaman.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diberikan perlakuan berupa model Problem Based Learning dengan permainan pada kelas eksperimen post-test mengalami peningkatan sebesar 17,85% dengan rata-rata nilai 51,79 dan pada kelas kontrol mengalami peningkatan sebesar 47,82% dan nilai rata-rata sebesar 65,48 mencapai KKTP. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan nilai sig. 0,022 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Problem Based Learning dengan permainan terhadap keterampilan membaca pemahaman pada mata pelajaran Bahasa Indonesia peserta didik kelas IV di SDN 20  Cakranegara dengan nilai effect size sebesar -3,04 yang berada pada kategori penngaruh sangat rendah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...