eProceedings of Engineering
Vol. 12 No. 1 (2025): Februari 2025

Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan UMKM Blume Scarf

Gustian, Muhammad (Unknown)
Sulistyo, Budi (Unknown)
Akbar, Resha (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Apr 2025

Abstract

Abstrak - Indoensia merupakan negara yang memilikiberagam suku, bahasa, dan agama. Mayoritas penduduk diIndonesia adalah penduduk dengan beragama muslim.Besarnya umat muslim di Indonesia membuat bisnis hijab diIndonesia menjadi tinggi dikarenakan permintaan pasar yangsangat tinggi. Adanya fenomena trend fashion hijab diIndonesia, hijab segi empat dan hijab pashmina menjadikategori produk pakaian dan aksesoris muslim denganpenjualan terbanyak pada e-commerce. Blume Scarfmerupakan brand yang bergerak pada kategori aksesoris danpakaian muslim yang berfokuskan pada produk hijab.Berdasarkan data penjualan Blume Scarf, didapatkanpenjualan pashmina mengalami penjualan fluktuatif. Hal inijuga didukung dengan adanya ketidaktercapaian targetpenjualan dari Blume Scarf pada hijab pashmina. Adanyaketidaktercapaian tersebut terjadi karena promosi yangdilakukan dengan word of mouth. Pengolahan datamenggunakan matrisk SWOT dan QSPM dan menghasilkansebelas alternatif startegi. Kata kunci - Blume Scarf, Kerudung, Internal, Eksternal,Matriks SWOT, Matriks QSPM

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

engineering

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering Engineering Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Merupakan media publikasi karya ilmiah lulusan Universitas Telkom yang berisi tentang kajian teknik. Karya Tulis ilmiah yang diunggah akan melalui prosedur pemeriksaan (reviewer) dan approval pembimbing ...