Abstrak - Indoensia merupakan negara yang memilikiberagam suku, bahasa, dan agama. Mayoritas penduduk diIndonesia adalah penduduk dengan beragama muslim.Besarnya umat muslim di Indonesia membuat bisnis hijab diIndonesia menjadi tinggi dikarenakan permintaan pasar yangsangat tinggi. Adanya fenomena trend fashion hijab diIndonesia, hijab segi empat dan hijab pashmina menjadikategori produk pakaian dan aksesoris muslim denganpenjualan terbanyak pada e-commerce. Blume Scarfmerupakan brand yang bergerak pada kategori aksesoris danpakaian muslim yang berfokuskan pada produk hijab.Berdasarkan data penjualan Blume Scarf, didapatkanpenjualan pashmina mengalami penjualan fluktuatif. Hal inijuga didukung dengan adanya ketidaktercapaian targetpenjualan dari Blume Scarf pada hijab pashmina. Adanyaketidaktercapaian tersebut terjadi karena promosi yangdilakukan dengan word of mouth. Pengolahan datamenggunakan matrisk SWOT dan QSPM dan menghasilkansebelas alternatif startegi. Kata kunci - Blume Scarf, Kerudung, Internal, Eksternal,Matriks SWOT, Matriks QSPM
Copyrights © 2025