Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis otak guna meningkatkan hasil belajar siswa di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta, khususnya pada mata pelajaran bahasa Arab. Metode – Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan melibatkan guru dan siswa sebagai partisipan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, serta validitas data dijaga dengan triangulasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan/verifikasi kesimpulan. Hasil – Media pembelajaran yang dikembangkan terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Arab siswa, khususnya dalam aspek mufrodat (kosa kata) dan muhadasah (percakapan). Penilaian ahli materi memberikan skor rata-rata 5,0 dari dua orang ahli, dan penilaian desain media memperoleh skor 4,83 dan 3,66. Media ini diuji coba pada 20 siswa dan 2 guru, dengan hasil yang menunjukkan peningkatan keterlibatan dan pemahaman siswa dalam proses pembelajaran. Implikasi – Integrasi prinsip neurosains dalam media pembelajaran bahasa Arab menunjukkan potensi yang menjanjikan untuk memodernisasi praktik pengajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa pada jenjang pendidikan menengah kejuruan.
Copyrights © 2024