IJAR : Indonesian Journal of Action Research
Vol. 3 No. 2 (2024)

Pengaruh Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah dan Kompensasi Terhadap Kinerja Guru di SMA Negeri 3 Yogyakarta

Fawaiz, Aiz Affawa (Unknown)
Machali, Imam (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Tujuan –  Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan demokratis kepala sekolah dan kompensasi terhadap kinerja guru di SMA Negeri 3 Yogyakarta. Metode – Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kausal. Populasi sekaligus sampel penelitian adalah seluruh guru tetap di SMA Negeri 3 Yogyakarta yang berjumlah 40 orang, ditentukan melalui teknik sampling jenuh. Teknik analisis data meliputi uji t parsial dan uji F simultan, dengan bantuan perangkat lunak statistik. Hasil – Hasil uji t menunjukkan bahwa: (1) kepemimpinan demokratis kepala sekolah berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru (thitung = 4,186; p-value = 0,000 < 0,05), (2) kompensasi juga berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru (thitung = 4,294; p-value = 0,000 < 0,05). Selanjutnya, uji F membuktikan bahwa kepemimpinan demokratis dan kompensasi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru (Fhitung = 36,968; p-value = 0,000 < 0,05). Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,666 menunjukkan bahwa 66,6% variasi kinerja guru dapat dijelaskan oleh kedua variabel bebas tersebut. Implikasi – Penelitian ini memberikan kontribusi pada penguatan model kepemimpinan sekolah berbasis demokratis dan sistem kompensasi sebagai faktor penting dalam peningkatan kinerja guru. Studi ini relevan untuk pengembangan kebijakan pendidikan yang berbasis pada peningkatan mutu sumber daya manusia di tingkat sekolah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

IJAR

Publisher

Subject

Education Other

Description

The journal focuses its scope on the issues of Islamic Education in Southeast Asia. We invite scientists, scholars, researchers, as well as professionals in the field of Islamic Education in Southeast Asia to publish their researches in our Journal. The journal publishes high quality empirical and ...