Molang: Journal Islamic Education
Vol. 2 No. 2 (2024): Molang: Journal Islamic Education

Analisis Kurikulum Merdeka Belajar Materi Aqidah Akhlak di SMK YPPI Surabaya

Fitriani, Nurul (Unknown)
Masnawati, Eli (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan desain studi pustaka untuk mengeksplorasi integrasi nilai-nilai etika Islam dalam implementasi Kurikulum Merdeka pada pendidikan agama di SMK YPPI Surabaya. Berbeda dengan studi empiris lapangan, penelitian ini sepenuhnya mengandalkan data sekunder, termasuk literatur akademik, artikel jurnal ilmiah, dokumen kurikulum, kebijakan pendidikan nasional, serta silabus pembelajaran yang berkaitan dengan pendidikan karakter Islam. Analisis data dilakukan melalui analisis isi dengan empat tahapan utama: seleksi sumber berdasarkan relevansi dan kredibilitas, kategorisasi tematik (pendidikan karakter, adaptasi kurikulum, strategi pedagogis), sintesis tematik, dan analisis interpretatif yang mengacu pada teori pendidikan karakter dan kebijakan kurikulum nasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran Aqidah Akhlak telah diarahkan untuk mendukung perkembangan moral dan spiritual peserta didik kelas X. Kurikulum ini selaras dengan nilai-nilai profil pelajar Pancasila, meskipun dalam praktiknya masih menghadapi tantangan, khususnya terkait perilaku siswa yang belum sepenuhnya mendukung tujuan kurikulum. Materi pembelajaran Aqidah Akhlak telah dikembangkan secara komprehensif, namun efektivitasnya masih terbatas akibat kurangnya penyesuaian terhadap gaya belajar siswa yang beragam. Penelitian ini menegaskan peran strategis pendidikan Aqidah Akhlak dalam mendorong perkembangan holistik—mencakup keseimbangan jasmani dan rohani, penguatan relasi sosial, serta peningkatan kesadaran spiritual siswa. Untuk mengoptimalkan tujuan kurikulum, diperlukan strategi pembelajaran kontekstual, pendampingan karakter yang berkelanjutan, serta pelatihan guru yang lebih mendalam

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

molang

Publisher

Subject

Education

Description

Molang: Journal Islamic Education is a leading journal in Islamic education institutions that discusses Islamic education. The journal promotes research and scholarly discussion on Islamic education in academic disciplines and institutions, focusing on advancing formal and non-formal education ...