Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage
Vol. 5 No. 1 (2024): Februari

Meningkatkan Kompetensi Siswa di SMK N 1 Tambakboyo Tuban Melalui Program Pelatihan CAD

Yusuf Eko Nurcahyo (Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya)
Pongky Wahyudi (Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya)
Totok Dewantoro (Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya)
Yohanes Fransisco Toni (Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2024

Abstract

Pendidikan dan pengajaran, pelatihan, magang, dan uji kompetensi atau sertifikasi adalah beberapa cara untuk meningkatkan kemampuan siswa menengah atas dan siswa sekolah kejuruan. Salah satu pelatihan yang diperlukan adalah pelatihan CAD (Computer Aided Design). Kompetensi siswa dalam menguasai pemrograman CAD merupakan bagian dari kompetensi profesional yang saat ini sangat dibutuhkan oleh dunia industri dan usaha di tingkat nasional maupun internasional. Seseorang yang berprofesi sebagai insinyur maupun desainer tentunya akan sering menggunakan CAD yang merupakan perangkat lunak berbasis komputer yang sangat membantu dalam proses desain rumah, mobil, jembatan, bendungan, mesin dan lain sebagainya. CAD dapat membuat gambar dua dimensi (2D) atau model tiga dimensi (3D). Banyak industri kontemporer menggunakan CAD, seperti desain industri dan arsitektur (pemodelan bangunan), pembuatan kapal dan kedirgantaraan, dan otomotif. Banyak orang menggunakan CAD untuk membuat animasi komputer untuk efek khusus dalam film, iklan, dan manual teknis. Ini juga disebut sebagai pembuatan konten digital. Melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk pelatihan CAD secara singkat bagi siswa SMK 1 Tambakboyo Tuban inin diharapkan dapat menambah wawasan keilmuan bagi siswa sehingga akan bermanfaat sebagai bekal kelulusan nantinya. Pelatihan ini dilakukan dengan intensif selama 2 hari dengan durasi 8 jam/hari. Pelaksanaan pelatihan sendiri dilakukan di laboratorium komputer SMK 1 Tambakboyo Tuban. Evaluasi kegiatan pengabdian ini dilakukan diakhir sesi pelatihan dengan memberikan test soal untuk dikerjakan secara langsung untuk menguji kemampuan setiap siswa Hasil evaluasi dari 41peserta yang mengikuti pelatihan diketahui 48.78% (20 siswa) memiliki kemampuan sedang, 19.52% (8 siswa) memiliki kemampuan yang tinggi, dan 31.71% (13 siswa) memiliki kemampuan yang rendah dalam pengoperasian AutoCAD.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

manage

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage adalah publikasi yang dikelola oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Jember dan diterbitkan oleh Universitas Muhammadiyah Jember dengan Nomor p-ISSN: 2721-6608 dan e-ISSN: 2797-8451. Jurnal pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk menampung ...