Pelangi: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Vol 3 No 2 (2021): September

PEMBELAJARAN MENGHAFAL AL QUR’AN DAN MUFRADAT DASAR PADA ANAK USIA DINI MELALUI METODE TALLAQI

Septyana Tentiasih (Institut Islam Studies Muhammadiyah Pacitan)
Ahmadi Ahmadi (Institut Islam Studies Muhammadiyah Pacitan)



Article Info

Publish Date
06 Oct 2021

Abstract

Menghafal Al-Qur’an merupakan pembelajaran yang dapat dilakukan diberbagai kalangan usia. Anak usia dini merupakan anak yang berusia 0 sampai 8 tahun. Usia dini merupakan usia emas dalam pembentuka karakter dan akhlak pada anak. Pembekalan hafalan Al-Qur’an sejak dini dapat digunakan sebagai bekal dan pegangan anak dalam menghadapi tantangan di dunia ini. Hafalan Alqur'an adalah pembelajaran yang dapat dilakukan pada kelompok umur yang berbeda. Metode ini dapat dilakukan dalam pelatihan formal dan non-formal, bahkan dapat terjadi di rumah. Kerugian dari metode ini tidak digunakan pada banyak siswa. Pembelajaran menghafal Al-Qur’an dan Mufradat dasar menggunakan metode tallaqi dimana seorang guru atau orangtua merupakan sentral dalam menghafal. Seorang guru atau orangtua membaca ayat Al-Qur’an dan Mufradat secara berulang-ulang kemudian anak atau murid menirukan sambil menghafalnya. Kelebihan metode tallaqi adalah adanya kedekatan secara emosional antara guru dan murid dalam pembelajaran menghafal sekaligus meniru. Selain itu, dalam metode ini satu orang guru hanya dapat memegang satu atau dua anak saja, jadi memudahkan seorang guru untuk mengoreksi bacaan Al-Qur’an dan Mufradat dasar ketika menghafal sangat mudah untuk di praktekkan. Kelemahan dari metode ini adalah tidak dapat diterapkan dalam murid yang jumlahnya banyak.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pelangi

Publisher

Subject

Education

Description

Pelangi: Journal of Islamic Early Childhood Education Thought and Research is a scientific journal published by the Early Childhood Islamic Education Program, Universitas Muhammadiyah Bima. This journal publishes scholarly articles based on conceptual thinking and empirical research in the field of ...