Pelangi: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Vol 4 No 1 (2022): Maret

PERAN GURU DALAM MENANAMKAN NILAI AGAMA ANAK USIA DINI MELALUI DO’A HARIAN DAN NYANYIAN RELIGIUS MASA PANDEMI COVID-19 DI TK LAHILA

Ade S Anhar (Institut Agama Islam Muhammadiyah Bima)
I’in Anggryani (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta)
Sukrin Sukrin (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Mar 2022

Abstract

Penanaman nilai agama melalui nyanyian religius dan pembiasaan doa harian adalah yang sangat penting untuk diperhatikan pada usia dini. Dalam hal tersebut banyak pihak yang berperan untuk itu tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran pendidik dalam menanamkan nilai agama pada Anak Usia Dini melalui pembiasaan doa harian dan nyanyian religius masa pandemi covid-19. Penelitian ini dilakukan di TK Lahila yang berjumlah 26 siswa dan 5 tenaga pendidik. Penelitian ini dilaksanaka pada bulan oktober. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yakni bahwa setiap sekolah memiliki cara tersendiri dalam menanamkan nilai agama pada anak. Begitu juga dengan lembaga TK Lahila memiliki metode sendiri untuk menanamkan nilai agama pada anak misalnya dengan melakukan pembiasaan bernyanyi berupa lagu-lagu islami dan terkadang juga dipadukan dengan lagu umum dan berdoa seperti doa-doa yang mudah bagi anak untuk mengingatnya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pelangi

Publisher

Subject

Education

Description

Pelangi: Journal of Islamic Early Childhood Education Thought and Research is a scientific journal published by the Early Childhood Islamic Education Program, Universitas Muhammadiyah Bima. This journal publishes scholarly articles based on conceptual thinking and empirical research in the field of ...