Penelitian ini mengeksplorasi pentingnya pengembangan bahasa pada Anak Usia Dini, terutama fokus pada keterampilan berbicara. Penelitian ini mengamati bagaimana anak-anak pada usia 4 tahun mengembangkan kemampuan berbicara mereka dalam konteks Taman Kanak-kanak (TK). Berbicara merupakan keterampilan bahasa yang dipengaruhi oleh berbagai faktor, termaksud aspek linguistik dan non-linguistik. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas untuk memperbaiki kemampuan berbicara Anak Usia Dini. Subjek penelitian ini adalah 20 anak kelompok A di TK Negeri 19 Santi. Melalui penggunaan media gambar cerita atau berseri, peneliti berusaha meningkatkan kemampuan berbicara anak-anak tersebut. Hasil penilian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kemampuan berbicara anak–anak setelah penerapan strategi pembeljaran, dengan skor meningkat dari siklus I (148,5) ke siklus II (211). Impilkasi dari penelitian ini menekankan pentingnya penggunaan media gambar dalam meningkatkan kemampuan berbicara Anak Usia Dini di TK.
Copyrights © 2024