Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan bermain flipbook terhadap perkembangan bahasa anak kelompok A RA Aurora School Menganti Gresik. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif metode eksperimen. Berdasarkan data yang dihasilkan melalui observasi dan tes lisan yang dikumpulkan dalam bentuk check list. Penelitian secara langsung dilakukan di RA Aurora School Menganti Gresik, dengan jumlah peserta didik 28 anak yang terdiri dari 17 anak laki-laki dan 11 anak perempuan. Berdasarkan data yang diperoleh dari 28 anak ada 24 anak yang mendapat nilai 15 yaitu berkembang sesuai harapan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan Bahasa anak kelompok A RA Aurora School dengan bermain flipbook mengalami peningkatan sejumlah 34,8%. Berdasarkan nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa variable bermain flipbook (X) berpengaruh terhadap variable perkembangan Bahasa (Y). Dari pengujian SPSS 16.0 bahwa bermain flipbook berpengaruh terhadap perkembangan bahasa anak kelompok A RA Aurora School Menganti Gresik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025