Pelangi: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Vol 7 No 1 (2025): Maret

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM MENINGKATKAN SOSIAL EMOSIONAL

Abd Salam (Universitas Muhammadiyah Bima)



Article Info

Publish Date
10 Mar 2025

Abstract

Pendekatan Pembelajaran yang tepat untuk Anak dengan Kebutuhan Khusus di sekolah SLB berfokus pada peningkatan aspek emosional mereka. Metode seperti komunikasi terarah, analisis tugas, dan pembelajaraan kooperatif dapat menciptakan lingkungan belajar yang positif, mendukung interaksi social, dan meningkatkan kepercayaan diri siswa. Penyesuaian metode susuai karakteristik individu siswa sangat penting untuk mencapai hasil optimal. Dengan pendekatan yang tepat, anak-anak dapat mengembangkan keterampilan emosional yang diperlukan untuk beradaptasi di lingkungan sekolah lingkungan sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi model pembelajaran yang digunakan di SLB Negeri 1 Kota Bima dan bagaimana penyesuaian model pembelajaran tersebut dengan Anak Bekebutuhan Secara khusus, penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif sebagai berikut: yang dilakukan melalui pengamatan, wawancara, dan beberapa angket yang diberikan kepada responden dan penanya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pelangi

Publisher

Subject

Education

Description

Pelangi: Journal of Islamic Early Childhood Education Thought and Research is a scientific journal published by the Early Childhood Islamic Education Program, Universitas Muhammadiyah Bima. This journal publishes scholarly articles based on conceptual thinking and empirical research in the field of ...