AbstrakTujuan penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi tantangan yang dialami oleh guru berkaitan dengan penguasaan kompetensi sebagai penilaian kinerja guru. Penelitian yang dilakukan menggunakan wawancara deskriptif kualitatif. Dengan mengetahui tantangan yang dialami guru diharapkan mampu untuk mengatasi tantangan guru terhadap permasalahan yang dilingkungan Sekolah Dasar. Tantangan yang sering dialami oleh guru salah satunya yaitu siswa ketika proses pembelajaran dalam memahami materi yang diajarkan belum paham. Pihak wali murid yang tidak terima nilai anaknya jelek. Oleh karena itu, guru harus mampu berinteraksi dengan siswa, lebih baik lagi. Berbagai tantangan yang harus dihadapi guru, maka guru harus mempunyai cara untuk menghadapi siswa dengan karakter berbeda. Guru perlu meningkatkann kompetensi dengan mengikuti pelatihan, seminar dan lainnya. Kompetensi yang harus dikuasasi guru yaitu pendagogik, kepribadian, sosial, dan professional. Kompetensi tersebut akan berpengaruh pada penilian kinerja guru. Penilaian kinerja guru dilihat bagaimana guru dalam memperlakukan siswanya dan bagaimana cara dalam mengatasi masalah. Kata kunci : tantangan; kompetensi; kinerja; guru. AbstractThe aim of this research is to identify the challenges experienced by teachers related to competency mastery as an assessment of teacher performance. The research was conducted using qualitative descriptive interviews. By knowing the challenges experienced by teachers, it is hoped that they will be able to overcome teacher challenges regarding problems in the elementary school environment. One of the challenges often experienced by teachers is that students do not yet understand the learning process in understanding the material being taught. The parents do not accept that their child's grades are bad. Therefore, teachers must be able to interact with students better. There are various challenges that teachers must face, so teachers must have a way to deal with students with different characters. Teachers need to improve their competence by attending training, seminars and others. The competencies that teachers must master are pedagogical, personality, social and professional. These competencies will influence the assessment of teacher performance. Teacher performance assessments look at how teachers treat their students and how they solve problems. Keywords: challenge; competence; performance
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024