Equilibrium
Vol. 21 No. 02 (2024): Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi

PENGARUH MEDIA LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) GOOGLE CLASSROOM TERHADAP BERPIKIR KREATIF SISWA

Gumilar, Anggun (Unknown)
Nurizzati, Yeti (Unknown)
Nasehudin, Nasehudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2024

Abstract

AbstrakPenelitian ini dilatarbelakangi perkembangan teknologi yang semakin maju salah satunya pada bidang pendidikan. Namun, dalam kegiatan pembelajaran masih dijumpai kurangnya penyajian  metode dan media pembelajaran yang beragam dalam menunjang berpikir kreatif siswa. Untuk menghindari pembelajaran monoton, guru perlu menciptakan metode inovatif dengan memanfaatkan Learning Management System (LMS) Google Classroom, aplikasi pembelajaran jarak jauh yang menyediakan beragam fitur, termasuk tugas, penilaian, anggota, dan konferensi online, yang mendukung berpikir kreatif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa pengaruh media Learning Management System (LMS) Google Classroom terhadap berpikir kreatif siswa MTs Al-Banna Cikalahang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif regresif dengan desain penelitian ex-post facto. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi, dan lembar rubrik kretifitas siswa. Populasi dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 75 siswa dengan menggunakan total sampling. Kemudian teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji persentase, uji normalitas, uji linearitas, uji korelasi, uji determinasi, uji regresi dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh signifikan antara media Learning Management System (LMS) Google Classroom terhadap berpikir kreatif siswa MTs Al-Banna Cikalahang. Adapun saran dalam penelitian ini yaitu guru dan sekolah mengintegrasikan sumber daya pendukung seperti video pembelajaran atau materi visual lainnya dalam Learning Management System (LMS) Google Classroom yang mendorong berpikir kreatif siswa. Kata kunci : berpikir kreatif siswa; google classroom; media learning lanagement system  Abstract This research is motivated by increasingly advanced technological developments, one of which is in the field of education. However, in learning activities there is still a lack of diverse presentations, methods and learning media to support students’ creative thinking. To avoid monotonouns learning, teachers need to create innovative methods by utilizing the Google Classroom Learning Management System (LMS), a distance learning application that provides a variety of features, including member assessment assignments, and online conferences, which support student’ creative thinking. This research aims to find out how much influence the Google Classroom Learning Management System (LMS)media has on the creative thinking of MTs Al-Banna Cikalahang students. This type of research is regressive quantitative with an ex-post facto research design. Data collection techniques use questionnaires and documentation. The population and sample in this study amounted to 75 students using total sampling. Then the data analysis techniques in this research use percentage tests, normality tests, linearity tests, correlation tests, determination tests, regression tests and hypothesis tests. The results of this research show that there is a significant influence between the Google Classroom Learning Management System (LMS) media on the creative thinking of MTs Al-Banna Cikalahang students. The suggestions in this research is that teachers and schools integrate supporting resource such as learning videos or other visual materials in the Google Classroom Learning Management System (LMS) which encourages students to think creatively. Keywords : students’ creative thinking; google classroom; media learning management system

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Equilibrium

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal EQUILIBRIUM merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Eonomi FKIP Universitas Kuningan yang memuat karya tulis dan penelitian ilmiah dosen dan mahasiswa dibidang ilmu kependidikan dan Ekonomi. Jurnal EQUILIBRIUM terbit setiap 6 bulan sekali yaitu edisi Januari dan Juli ...