Equilibrium
Vol. 21 No. 02 (2024): Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi

ANTESEDEN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA BRAND FASHION LOKAL DIKOTA BATAM

Putra, Edy Yulianto (Unknown)
Syelen, Syelen (Unknown)
Nainggolan, Ferdinand (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2024

Abstract

AbstrakDunia fashion di Indonesia mengalami perkembangan pesat karena adanya modernisasi desain. Dalam kehidupan sehari-hari pakaian turut menjadi tolak ukur dalam menilai perbedaan status antar kelompok tertentu, karena hal ini orang-orang lebih suka memilih brand fashion dari luar negeri ketimbang brand fashion lokal karena dinilai lebih dapat meningkatkan gengsi. Permasalahan tersebut juga terjadi di Kota Batam, karena hal tersebut penelitian ini dibuat untuk mengetahui lebih dalam mengenai peminatan pada brand fashion di kota Batam, dengan menguji pengaruh dari citra merek, harga, promosi, kualitas produk, kualitas pelayanan, terhadap loyalitas pelanggan oleh kepuasan pelanggan. Variabel tersebut digunakan sebagai anteseden dalam menginvestigasi masalah yang disebutkan sebelumnya. Objek pada penelitian ini berfokus pada Brand Fashion lokal di Kota Batam dengan populasi adalah masyarakat Kota Batam yang dipilih sesuai dengan kriteria sampel yaitu generasi muda di Kota Batam yang pernah membeli Brand Fashion lokal.” Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif, kemudian data yang terkumpul dianalisa menggunakan SmartPLS dan PLS-SEM. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini memberikan sebuah insight bahwa kepuasan pelanggan dalam hal ini tidak dipengaruhi oleh citra merek dan promosi yang biasanya selalu berpengaruh signifikan, begitu juga dengan loyalitas pelanggan dalam hal ini juga tidak terbukti secara signifikan dipengaruhi oleh citra merek, kualitas produk, dan pelayanan. Kata kunci: citra merek; harga; promosi; kualitas pelayanan; loyalitas pelanggan; kualitas produk; kepuasan pelanggan AbstractThe fashion industry in Indonesia has developed significantly due to the modernization of design. In daily life, clothing has also become a benchmark in measuring status differences between certain social groups. Because of this, people prefer to choose fashion brands from abroad rather than local fashion brands because they are considered to be able to increase prestige. These problems also occur in Batam City, so this study was made to find out more about the interest in fashion brands in Batam City. By examining the influence of brand image, price, promotion, product quality, service quality, on customer loyalty by customer satisfaction. These variables are used as antecedents in investigating the previously mentioned problems. The object of this study focuses on local fashion brands in Batam City with the population being the people of Batam City selected in accordance with the sample criteria, namely the younger generation in Batam City who have purchased local fashion brands.The method used in this research is quantitative method, then the data collected is analyzed using SmartPLS and PLS-SEM. The findings from this study indicate that customer satisfaction is not impacted by brand image and promotion, which typically have a significant effect. Additionally, customer loyalty is not significantly influenced by brand image, product quality, and service in this context. Keywords : brand image; price; promotion: service quality; customer loyalty; product quality; customer satisfaction

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Equilibrium

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal EQUILIBRIUM merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Eonomi FKIP Universitas Kuningan yang memuat karya tulis dan penelitian ilmiah dosen dan mahasiswa dibidang ilmu kependidikan dan Ekonomi. Jurnal EQUILIBRIUM terbit setiap 6 bulan sekali yaitu edisi Januari dan Juli ...