Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (J-Diteksi)
Vol. 4 No. 1 (2025): Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (J-Diteksi)

PENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR BASIS DATA DENGAN PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF

Andriyanto, Sigit (Unknown)
Muharni, Sita (Unknown)
Setiawan, Susilo (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul interaktif entity relationship diagram (ERD) untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa mata pelajaran Basis Data Semester I, Program Studi D3 Rekam Medis dan Informasi Kesehatan Universitas Aisyah Pringsewu. Penelitian ini merupakan penelirian Research and Development (R&D) menggunakan model ADDIE. Desain uji coba produk terdiri dari uji coba tahap awal, uji coba lapangan utama dan uji coba lapangan operasional dengan melaksanakan pra-eksperimental. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket analisis kebutuhan, skala kelayakan e-modul oleh ahli materi dan media, skala kemandirian belajar dan skala respon mahasiswa yang kemudian dianalisa secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan penilaian para ahli, pada aspek materi memperoleh kategori sangat layak dengan skor 3,88; aspek media kategori sangat layak dengan skor 3,61; sedangkan kelayakan produk e-modul pada aspek respon pengguna menunjukkan produk e-modul tergolong dalam kategori sangat layak. Nilai akhir kemandirian belajar mengalami peningkatan sebesar 0,45 dan tergolong kategori sedang. Dari hasil analisa tersebut, dapat disimpulkan bahwa e-modul interaktif sangat layak dan cukup efektif digunakan untuk meningkatkan kemandirian belajar Basis Data.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Diteksi

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Focused topics of interest of Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (J-Diteksi) are: 1. Information Systems and Technologies 2. Multimedia 3. Software Engineering 4. Information Technology Education 5. Other topics that related to Information ...