Gawi: Journal of Action Research
Vol. 1 No. 1 (2021)

Meningkatkan Hasil Belajar Menyimpulkan Isi Teks Menggunakan Kombinasi Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Numbered Heads Together (NHT), dan Think Pair and Share (TPS) Siswa Kelas V SD

Fauzia, Syifa (Unknown)
Karim, Karim (Unknown)
Sanawati, Sanawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Bahasa Indonesia di SDN SN Sungai Miai 5 Banjarmasin antara lain siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran dan kurang dilibatkan dalam pembelajaran, siswa sebatas membaca teks bacaan lalu melihat contoh dalam buku teks kemudian berganti dengan pokok bahasan yang baru sehingga sulit mengemukan ide-ide. Tujuan dari penelitian untuk menganalisis aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindkaan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini ialah siswa kelas V SDN SN Sungai Miai 5 Banjarmasin. Data diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa serta tes hasil belajar. Analisis data menggunakan deskriptif analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan aktivitas guru pada siklus I mencapai kriteria baik, dan meningkat sampai siklus II sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I mencapai kriteria cukup aktif, dan meningkat sampai siklus II sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pada siklus I mencapai 65%, dan meningkat sampai siklus II 90%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan penggunaan kombinasi model pembelajaran CIRC, NHT dan TPS terjadi peningkatan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

gawi

Publisher

Subject

Education

Description

Gawi: Journal of Action Research focused on scientific research with action in the educational environment. This journal is published twice a year. We have accepted any article with the scope of action research in any scientific ...