JGK (Jurnal Guru Kita)
Vol. 9 No. 2: Maret 2025 (Article In Progress )

Analisis Peran Lingkungan Sekolah Dalam Mendukung Pembelajaran Bahasa Siswa Sekolah Dasar

Afifa Suci Nahara (Universitas Jambi)
Dhea Amanda Alfa Rezki (Universitas Jambi)
Alfa Rezki (Universitas Jambi)
Wiwik Kurniyati (Universitas Jambi)
Eko Kuntarto (Universitas Jambi)
Muhammad Sholeh (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
15 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran lingkungan sekolah dalam mendukung pembelajaran bahasa bagi siswa sekolah dasar, dengan fokus pada aspek lingkungan fisik, sosial, dan budaya. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Subjek pada penelitian ini guru kelas, siswa, dan kepala sekolah SDN 13/I Muara Bulian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan fisik yang nyaman, seperti ruang kelas yang menarik dan perpustakaan yang lengkap, memberikan kontribusi positif terhadap minat belajar bahasa siswa. Selain itu, interaksi sosial antar siswa dan budaya literasi yang diterapkan di sekolah terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara dan memahami bahasa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa sinergi antara komponen lingkungan sekolah dapat menciptakan pengalaman belajar bahasa yang optimal bagi siswa sekolah dasar. Harapan penelitian ini memberikan wawasan bagi sekolah dalam merancang lingkungan yang mendukung pembelajaran bahasa. Oleh karena itu, peran lingkungan sekolah dalam pembelajaran bahasa perlu terus ditingkatkan dan diperhatikan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jgkp

Publisher

Subject

Arts Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Guru Kita contains writings from the results of research, education, lerning, science, culture, technology, language, art, social, phenomena, and community ...