Pendidikan agama, khususnya pelajaran Al-Qur'an Hadits, mengalami penurunan minat di kalangan siswa, yang mengakibatkan motivasi belajar mereka berkurang. Dalam konteks ini, penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi upaya orang tua dalam memotivasi anak-anak mereka di SMK AL-AYYUBI Pohjentrek Pasuruan. Penelitian ini berfokus pada dua pertanyaan utama: bagaimana orang tua memotivasi anak dalam belajar Al-Qur'an Hadits, dan apa saja faktor pendukung serta penghambat dalam upaya tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yang melibatkan observasi dan wawancara untuk mengumpulkan data. Penelitian ini dilakukan di lingkungan sekolah untuk mendapatkan gambaran yang akurat mengenai dinamika motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua berperan penting dalam meningkatkan motivasi belajar anak melalui berbagai cara, seperti memberikan kasih sayang, menjadi teladan yang baik, membimbing, serta memberikan nasihat dan dukungan emosional. Selain itu, menceritakan kisah inspiratif dan mendoakan anak di waktu-waktu tertentu juga terbukti efektif. Namun, terdapat faktor penghambat yang mempengaruhi upaya ini, seperti pengaruh teman, kecanggihan teknologi, serta kondisi keluarga dan lingkungan. Penelitian ini menekankan pentingnya kolaborasi antara orang tua dan lingkungan sekitar untuk menciptakan suasana belajar yang lebih baik bagi siswa.
Copyrights © 2023