Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis pengembangan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah dan madrasah sebagai bagian dari pendidikan holistik. Kegiatan ekstrakurikuler memiliki peran penting dalam memperluas wawasan, mengembangkan minat dan bakat, serta membentuk karakter peserta didik. Namun, praktiknya banyak sekolah dan madrasah yang belum memiliki desain pengembangan yang sistematis, menyebabkan kegiatan ekstrakurikuler tidak berjalan optimal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif eksploratif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun kegiatan ekstrakurikuler memberikan dampak positif terhadap karakter dan kompetensi siswa, terdapat kendala seperti kurangnya perencanaan terstruktur, keterbatasan sumber daya, dan rendahnya keterlibatan siswa. Penelitian ini mengusulkan desain pengembangan kegiatan ekstrakurikuler yang berbasis pada kebutuhan dan potensi peserta didik, serta mengintegrasikan nilai-nilai pendidikan karakter dan keislaman di madrasah. Dengan desain yang tepat dan evaluasi berkelanjutan, diharapkan kegiatan ekstrakurikuler dapat berkontribusi maksimal dalam pencapaian tujuan pendidikan Indonesia, yaitu menghasilkan peserta didik yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, kreatif, dan mandiri. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam merumuskan model desain kegiatan ekstrakurikuler yang lebih efektif dan relevan dengan perkembangan zaman.
Copyrights © 2023